KONTAN | Selasa, 26 Januari 2021 / 09:56 WIB

 

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan evaluasi atas indeks LQ45. Adapun LQ45 merupakan indeks yang mengukur kinerja harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

“Pada bulan Januari 2021 ini telah dilakukan Evaluasi Mayor guna menetapkan daftar saham dan menyesuaikan bobot atas saham-saham yang digunakan untuk penghitungan Indeks LQ45,” jelas Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy dan Kepala Divisi Riset BEI Verdi Ikhwan dalam pengumuman yang dikutip Kontan.co.id, Senin (25/1).

Mengutip pengumuman BEI, ada dua saham yang menjadi penghuni baru LQ45, yaitu PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

Sementara itu, ada dua saham yang terdepak dari jajaran LQ45, yaitu PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL).

Daftar saham hasil evaluasi ini berlaku untuk periode perdagangan Februari hingga Juli 2021. Sementara, jumlah saham yang digunakan untuk perhitungan indeks LQ45 berlaku untuk periode perdagangan Februari hingga April 2021.

Sekadar informasi, indeks LQ45 mendapat review sebanyak empat kali dalam satu tahun, masing-masing dua kali review mayor dan minor. Review mayor dilakukan setiap bulan Januari dan Juli untuk efektif di bulan Februari dan Agustus.

Review mayor bertujuan mengevaluasi konstituen indeks dan bobot yang digunakan untuk penghitungan indeks. Sedangkan review minor pada Mei dan November dilakukan untuk mengevaluasi bobot indeks.

SOURCE : https://investasi.kontan.co.id/news/scma-dan-sril-terdepak-medc-dan-tpia-masuk-jajaran-lq45