KONTAN | Kamis, 09 September 2021 / 17:04 WIB

 

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Setelah turun pada bulan Juli 2021, penjualan eceran diperkirakan meningkat pada bulan Agustus 2021. Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, ini terlihat dari perkiraan Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2021 yang sebesar 196,5 atau secara bulanan tumbuh 4,3% month on month (mom).

“Peningkatan tersebut diindikasi sejalan dengan aktivitas yang mulai meningkat, seiring dengan pelonggaran PPKM di beberapa wilayah,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporannya, Kamis (9/9).

Responden kemudian memperkirakan, mayoritas kelompok mengalami pertumbuhan, terutama Kelompok Suku Cadang dan Aksesoris yang tumbuh 24,9% mom setelah pada bulan sebelumnya mengalami penurunan 24,7% mom.

Kemudian, disusul dengan kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang diperkirakan naik 13,4% mom, setelah pada bulan sebelumnya turun 22,0% mom.

Pertumbuhan kinerja penjualan juga tercatat pada kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya sebesar 17,3% mom, setelah pada sebelumnya turun 19,5% mom. “Ini sejalan dengan permintaan dalam negeri yang meningkat, dan kondisi musim atau cuaca yang mendukung,” tambah Erwin.

Sayangnya, bila dibandingkan dengan Agustus 2020, kinerja penjualan eceran pada Agustus 2021 diperkirakan menurun 0,1% year on year (yoy). Meski, memang penurunannya tidak sedalam 2,9% yoy pada bulan sebelumnya.

Namun, masih ada beberapa kelompok yang mencatat perbaikan, terutama Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang tumbuh 10,7% yoy, diikuti Makanan, Minuman, dan Tembakau  yang tumbuh 7,3% yoy.

Adapun, kelompok lain juga mengalami perbaikan pertumbuhan, meski memang masih berada dalam fase kontraksi, seperti kelompok suku Cadang dan Aksesori yang turun 3,5% yoy dan Perlengkapan Rumah Tangga lainnya turun 10,6% yoy.

SOURCE : https://nasional.kontan.co.id/news/pelonggaran-ppkm-kinerja-penjualan-eceran-agustus-2021-diperkirakan-meningkat