KONTAN | Selasa, 21 September 2021 / 15:29 WIB

 

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 tetap berada di zona positif, bahkan masih di level yang tinggi.

“Pertumbuhan kuartal III-2021 kami perkirakan bisa berada di kisaran 5% yoy,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Selasa (21/9) dalam pembacaan hasil Rapat Dewan Gubernur BI September 2021 secara daring.

Perry tak menampik, perekonomian di kuartal III-2021 sempat terdampak adanya peningkatan kasus harian Covid-19 yang membuat pemerintah menarik rem darurat berupa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat serta Level 3 dan 4.

Pembatasan kegiatan masyarakat ini menekan kegiatan ekonomi masyarakat, terlihat dari menurunnya aktivitas transaksi ekonomi dan keuangan.

Namun, penurunan kegiatan ekonomi ini hanya bersifat sementara. Pasalnya, setelah PPKM menunjukkan hasil dengan penurunan angka penyebaran kasus, BI melihat adanya peningkatan kegiatan ekonomi bahkan pada akhir Juli 2021 dan terus berlanjut pada Agustus 2021 dan hingga saat ini.

Sejumlah indikator dini juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas ekonomi. Seperti, PMI Manufaktur, penjualan eceran, kinerja ekspor, dan bahkan nilai transaksi yang ada di SKNBI dan RTGS.

Ke depan, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2021 di kisaran 4,5% dan dengan demikian, pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun 2021 berada di kisaran 3,5% hingga 4,5%.

SOURCE : https://nasional.kontan.co.id/news/bi-perkirakan-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-iii-2021-di-kisaran-5